Rabu, 02 September 2020

Kalimat Utama, Ide Pokok, Dan Kesimpulan

Kalimat Utama
Kalimat merupakan bagian penting dalam sebuah paragraf. Suatu paragraf yang baik pasti berisi dua jenis kalimat yang merupakan “informan” paragraf dibuat. Dua jenis kalimat itu adalah kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama adalah kalimat yang digunakan sebagai acuan pengembangan sebuah paragraf. Kalimat utama juga merupakan realisasi dari ide pokok yang berupa pernyataan atau kalimat yang terletak di awal atau di akhir paragraf. Ciri sebuah kalimat utama antara lain kalimat itu yang akan dikembangkan di kalimat-kalimat penjelas.
 Kalimat merupakan bagian penting dalam sebuah paragraf Kalimat Utama, Ide Pokok, Dan Kesimpulan
Gagasan Utama atau Ide Pokok
Gagasan utama atau ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Letaknya biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf. Ada juga gagasan utama yang tidak terletak pada awal maupun akhir paragraf.

Kesimpulan
Kesimpulan merupakan suatu pernyataan yang mengandung makna dari pembicaraan. Kesimpulan diperoleh dari untaian fakta-fakta yang terjadi. Sehingga, kesimpulan bisa berupa kalimat yang bersifat pendapat yang menggeneralisasikan fakta-fakta yang ada. Kesimpulan sering disebut pendapat akhir yang berupa pernyataan yang mengandung makna. Keimpulan diperoleh dari untaian fakta-fakta yang terjadi dan pendapat yang dikemukakan. Artinya, kesimpulan sangat bersifat umum dan dirangkai berdasarkan penjabaran-penjabaran fakta yang diuraikan. Kalimat simpulan biasanya kalimatnya berbeda dengan kalimat-kalimat lain dalam teks itu.